Selasa, 28 November 2017

Batu Hobon (tempat persembunyian harta siraja batak)

Berbagai keindahan yang terhampar di Danau Toba dan di PulauSamosir, sampai sampai daerah ini di juluki sebagai kepingan surga. Berbagai macam keindahan dan alam yang terpapar di pulau ini ditambah lagi dengan danau Toba yang yang di akui sebagai danau terluas di Indonesia.

Batu Hobon adalah salah satu keindahan serta keajaiban alam yang terjadi disini,
                                                          foto: Batu Hobon

Hobon dalam Bahasa Batak artinya peti. Batu ini berdiameter sekitar satu meter dengan bagian bawah berongga. Diperkirakan batu ini merupakan sebuah lorong yang mungkin saja berbentuk goa. 
Menurut Cerita yang beredar di Masyarakat Batu Hobon adalah buah tangan Raja Uti untuk menyimpan harta kekayaan orang Batak. Namun jangan sekali-kali membukanya karena konon mereka yang mencoba akan mendapatkan nasib sial.

Dipercaya ada banyak harta berharga peninggalan Raja batak di dalam Batu Hobon ini. Seperti Gondang Saparangguan (Seperangkat Gendang Batak), Pagar (Ramuan penangkal penyakit), hujur sumba baho (tombak bertuah), piso solom Debata (pedang bertuah), pungga Haomasan (Batu Gosok Emas), tintin Sipajadi-jadi (Cincin Ajaib), tawar Sipagabang-abang, Sipagubung-ubung, Sipangolu na Mate, Siparata Naung Busuk (Obat yang mampu menghidupkan yang sudah mati, serta menyegarkan kembali yang telah busuk). Pagar, Hujur Sumba Baho, Piso Solom Debata, Pungga Haomasan, Tintin Sipanjadi-jadi dan Tawar, semua dibungkus dengan buku lak-lak atau buku Pustaha, yaitu Buku Ilmu Pengetahuan tentang kebudayaan Batak, yang di tulis dengan aksara Batak.

Itu dia sekilas info tentang batu hobon, kalo saran saya berkunjunglah kesana karena dsana juga banyak tempat wisata yang enggak kala bagusnya.

OKE ma, imajo tusidah....
HORAS HORAS HORAS.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar